Paid Review, atau istilah sejenis lainnya, secara sederhana adalah media yang menghubungkan advertiser dan publiher. Advertiser adalah mereka yang punya kepentingan mengiklankan produknya, publisher yakni blogger atau pengelola situs yang memiliki space untuk mengiklankan produk advertiser dan tentu saja, juga ingin mendapatkan tambahan penghasilan. Cara kerjanya sederhana, blogger memposting review seperti yang diminta advertiser, biasanya ada minimum jumlah kata, link yang diminta beserta anchor textnya, jika ada gambar atau video. Saat mendaftarkan blog anda, juga akan dinilai page rank (PR), peringkat situs di alexa, dan lain-lain.
Paid review kini, setidaknya sudah 2 tahun belakangan, menjadi alternatif beriklan bagi para advertiser. Memang, advertiser yang beriklan di paid review rata-rata masih dalam skala usaha kecil. Tapi setidaknya ke depan akan banyak dilirik mengingat sistemnya yang sederhana dan lebih tepat sasaran jika dibanding model Pay Per Click (PPC) semacam Adsense, Adbrite, Bidvertiser maupun PPC lainnya.
Yang paling diuntungkan dengan paid review ini adalah para blogger. Dengan paid review ini para blogger bisa mendapatkan penghasilan dari mereview situs/produk dengan cara kerja yang sederhana jika dibanding program peluang menghasilkan uang dari internet yang lainnya. Advertise di sisi lain tentu saja juga diuntungkan karena mereka bisa beriklan dengan budget yang relatif lebih terjangkau ketimbang beriklan dengan media online yang lain.
Idealnya memang, publisher membuat review atas produk dari advertiser, memberikan pandangan atas produk yang ditawarkan secara berimbang. Tapi kenyatannya, yang diminta oleh advertiser adalah review yang positif atau bernada mendukung produk yang diiklankan. Akan tetapi ada juga yang memberikan keleluasaan bagi publisher untuk membuat review sesuai pandangan pribadi.
No comments:
Post a Comment